Tour Nusa Penida

Kebudayaan Tradisional Pembuatan Kain Di Nusa Penida Bali

Macam Kain Tradisional Khas Nusa Penida Bali Tour Nusa Penida

Tour Nusa PenidaTour Nusa Penida – Nusa Penida merupakan salah satu pulau yang terletak di wilayah provinsi Bali yang kehidupan masyarakatnya sangat dipengaruhi oleh kebudayaan tradisional. Berbagai pekerjaan yang ditekuni masyarakatnya tumbuh sejalan dengan karakter dari kebudayaannya sendiri. Salah satunya adalah kebudayaan tradisional pembuatan Kain Cepuk dan Kain Rangrang. Kegiatan ini secara turun-temurun dilakukan oleh penduduk Desa Tanglad. Pada mulanya yang terletak di wilayah tengah Nusa Penida tetapi sekarang sudah migrasi ke daerah di Nusa Penida. Hal ini selain sebagai upaya untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari juga untuk melestarikan kebudayaan tradisional. Karena Kain Cepuk dan Kain Rangrang digunakan sebagai pelengkap sarana upacara keagamaan, pakaian khas adat, dan pameran.

Kain Khas Nusa Penida Bali

Tour Nusa Penida – Kain Cepuk merupakan kain khas Nusa Penida yang baru hanya dipasarkan di daerah Nusa Penida dan sekarang secara berlahan dari orang perorang mempromosikan produksi kerajinan tenun kain Cepuk. Produksi Kain Cepuk semakin menurun karena mengalami kendala dalam hal pemasaran, sehingga modal yang digunakan dalam pembuatan kain mengalami kekuranglancaran dana. Hal ini dikarenakan keadaan geografis Nusa Penida yang berupa kepulauan sehingga produk yang dipasarkan tidak dapat dijangkau oleh pembeli. Masih kurangnya penerapan teknologi untuk mendukung pengembangan pemasaran, kurangnya pengetahuan tentang cara memasarkan hasil produksi agar dikenal oleh masyarakat luas. Kurangnya publikasi sehingga masyarakat belum seluruhnya dapat mengenal kekhasan Kain Cepuk tersebut. (sumber : Tugas Akhir 2008).

Wisata Murah Nusa Penida, Kain Khas Nusa penida

Kain Cepuk sangat perlu dilestarikan dengan memberikan akses yang baik terhadap pengerajin dan peminat, seperti lancarnya proses pemasaran. Sehingga pengerajin memiliki motivasi untuk mengembangkan produk yang nantinya berimbas terhadap pelestarian produk budaya lokal yang khas. Kain Cepuk merupakan salah satu jenis hasil olahan tekstil masyarakat khas Snorkelin Nusa Penida yang berbeda dengan jenis wisata murah tour nusa penida, paket tour nusa penida dan . Perbedaan ini nampak pada ornamen motif-motifnya yang khas. Motif dengan warna yang khas menggunakan bahan pewarna alami yang berasal dari tanaman seperti kayu Secang. Kekhasan corak dan makna magisnya sangat perlu dipublikasikan sehingga kain ini menjadi diminati dan dikenal oleh masyarakat. (Sumber : Tugas Akhir 2008).

Selain Tenun Kain Cepuk pengerajin juga mengembangkan inovasi dengan memproduksi Kain Rangrang dimana motifnya mengikuti perkembangan dunia model sehingga dapat bersaing di pasaran. Tenun kain Rangrang yang dibuat oleh pengerajin tenun di Nusa Penida masih memiliki ciri khas tersendiri dan mengutamakan kualitas. Seiring dengan perkembangan jaman, dari kesederhanaan alat yang digunakan sudah beberapa mengalami perkembangan yang lebih modern.

Dari permasalahan tersebut perlu sekiranya dikembangkan suatu Sistem yang diharapkan dapat meningkatkan publikasi dan daya saing Kain Cepuk di dunia pasar. Selain itu diharapkan juga bisa menjadi salah satu aset kain tradisonal di nusa penida. Dengan begitu dapat menarik minat para wisatawan untuk berkunjung Wisata Murah Nusa Penida sebagai. Salah satu destinasi tujuan objek wisata. Publikasi ini tentu dapat dilakukan dengan membuat Paket Wisata Nusa Penida dapat menyediakan informasi seputar Tour Murah Nusa Penida beserta Guide Tour Nusa Penida.

WhatsApp chat Ayo Hubungi Kami